Blog dan Sejarahnya

Sekarang ini hampir semua orang yang memiliki akses ke internet mempunyai blog. Tapi tidak sedikit yang hanya ikut-ikutan membuat blog tanpa tahu apa itu blog? bagaimana membuat blog yang baik? dan apa manfaatnya? Nah,, karena alasan tadi dalam tulisan kali ini saya ingin berbagi informasi mengenai blog dan sejarahnya. meskipun saya termasuk pemula dalam hal blogging tapi saya akan mencoba menginformasikan kembali ilmu yang saya dapat, dari dosen Romeltea dalam bukunya Jurnalistik online.

Sebenarnya blog merupakan singkatan dari web log yaitu bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan pada sebuah halaman web umum. Umumnya blog adalah "jurnal pribadi", disebut juga catatan harian online, yang isinya berbagai hal mulai dari masalah pribadi hingga komentar soal isu-isu aktual.

Blog muncul dan berkembang sejak akhir 1990-an. Blogger tidak hanya menghasilkan konten untuk posting di blog mereka, tetapi juga membangun hubungan sosial dengan pembaca dan blogger lain. Istilah "weblog" diciptakan oleh Jorn Barger tanggal 17 Desember 1997. Sedangkan istilah pendeknya "blog", diciptakan oleh Peter Merholz, yang bercanda memecahkan kata weblog menjadi kalimat we blog di sidebar blog-nya, Peterme.com, pada April atau Mei 1999.

Tak lama setelah itu, Evan Williams pada Pyra Labs menggunakan istilah "blog", baik sebagai kata benda maupun kata kerja ("toe blog", yang berarti "mengedit weblog seseorang atau posting ke weblog seseorang").

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com milik Pyra Lab, sebelum PyraLab diakuisi oleh Google.com pada akhir 2002.

Related Post



Unknown mengatakan...

hatur nuhun salam kenal

Posting Komentar