Media online

Ilustrasi
Apa sih yang disebut dengan media online itu? mungkin banyak orang yang tahu. Tapi dalam posting saya ini, saya ingin mencoba menjelaskan apa itu mendia online berdasarkan pengetahuan saya.
Media online adalah media massa yang disajikan secara online disitus web (website) internet. Media online ini disebut-sebut sebagai media generasi ketiga setelah media cetak (koran, tabloid, majalah) dan media elektronik (radio, televisi, dan video/ film).

Seperti dalam wikipedia, media online merupakan produk jurnalistik online atau cyber journalism yang didefinisikan sebagai "pelaporan fakta atau peristiwa yang diproduksi dan didistribusikan melalui internet."

Media online menjadi objek kajian teori "media baru" (new media) yang merupakan penyederhanaan istilah terhadap media di luar lima media konvensional, yaitu televisi, radio, majalah, koran, dan film. New media ini bersifat cair (fluid), konektifitas individual, dan menjadi sarana untuk membagi peran kontrol dan kebebasan (Chun, 2006).

Media online secara teknis berbasis telekomunikasi dan multi media, yang termasuk dalam kategori media online adalah portal, website (situs web, termasuk blog), radio online, tv online, dan email.


Sumber: Jurnalistik Online karya Romeltea

Related Post



Posting Komentar