Search Engine Optimization (SEO)

Ilustrasi gambar dari Google
Kebutuhan akan SEO (Search Engine Optimization) semakin meningkat seiring berkembangnya pemanfaatan terhadap internet.

SEO ini banyak dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan tertentu dalam pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Dari gambaran ini sudah dapat diketahui untuk apa SEO digunakan. Tapi apa yang dimaksud dengan SEO itu sendiri?

Optimisasi mesin pencari ( Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Tujuan SEO adalah menempatkan sebuah situs pada posisi teratas. Sederhananya, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk dikunjungi. dengan begitu kondisi seperti ini dapat memberikan peluang bagi perusahaan yang berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru.

Menurut pemimpin redaksi Search Engine Land, Danny Sullivan, istilah SEO pertama kali digunakan pada 26 Juli 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Sementara pada saat itu, alogaritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.

Apa yang saya jelaskan semoga bermanfaat. 
Sumber tulisan: Jurnalistik Online karya Asep Syamsul M. Romli


Related Post



Posting Komentar